Selasa, 16 Agustus 2016

Orang-Orang yang didoakan Malaikat
http://www.silaturahim.co.id/orang-orang-yang-didoakan-malaikat/

Ada berbagai tugas yang diberikan Allah Swt kepada para malaikat. Salah satunya adalah menjaga manusia dari gangguan jin, manusia dan musibah. Kecuali sesuatu diijinkan-Nya terjadi, maka itu akan terjadi. Sebagaimana firman Allah: “Bagi manusia, ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki suatu keburukan pada suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali kali tidak pelindung bagi mereka, selain Dia.” QS. Ar-Ra’d (13): 11.

Inilah yang mesti kita lakukan agar Malaikat mendoakan kita:

1. Tidur dalam Keadaan Suci

Abdullah bin Umar Ra meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si Fulan karena tidur dalam keadaan suci.” Syekh Al-Albani dalam Shahih at-Targhib wat Tarhih.

2. Duduk Menunggu Shalat

Setelah selesai melaksanakan shalat berjamaah di masjid, bila tidak ada kepentingan lain, istirahat sejenak dan duduk menunggu shalat berikutnya dengan diisi dzikir mengingat Allah akan mendapatkan doa dari malaikat. Sabda Rasulullaw Saw, “Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.” (HR. Muslim).

3. Berada di Shaf Pertama dalam Shalat dan Merapatkannya

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan orang-orang yang ada di shaf kedua?” Beliau menjawab, “Juga untuk shaf kedua.” (HR. Ahmad).

4. Membaca Amin dalam Shalat Berjamaah

“Jika salah seorang diantara kalian mengucapkan amin, maka malaikat yang ada di langit mengucapkan amin. Kemudian keduanya bertepatan, dan diampunilah dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Mengerjakan Shalat Subuh dan Ashar Berjamaah

“Para Malaikat berkumpul saat shalat subuh. Para malaikat (yang menjaga manusia) pada malam hari (yang bertugas malam hingga subuh) naik ke langit, dan malaikat siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar. Dan malaikat yang ditugaskam malam hari (hingga shalat ashar) naik (ke langit). Sedangkan malaikat yang bertugas malam hari tetap tinggal. Allah Swt bertanya kepada mereka, ‘Lalu bagaimana kalian meningalkan hamba-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat. Maka ampunilah mereka pada hari kiamat.” (HR. Ahmad).

6. Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Allah Swt dan para malaikatnya bershalawat kepada Nabi Saw, sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi, dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” QS. Al-Ahzab (33): 56.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar